Site Map Contact

Wednesday, December 4

“Kata” Yang perlu di pertimbangkan dan termasuk di larang saat berada/ liburan di Pulau Lombok


Kata Yang tidak di anjurkan saat berkomunikasi dengan penutur asli Lombok




Jika kalian sudah membaca artikel ini berarti kalian ingin mengetahui apa sih yang perlu di pertimbangkan ketika berkomunikasi dengan warga asli Lombok saat anda berlibur atau berada di pulau ini?

Wisata-Pulau-Lombok-Pink-Beach
Around Pink Beach - Lombok

Tidak di pungkiri lagi, Lombok adalah salah satu destinasi wisata favorit yang menyediakan keindahan Alam, Gunung, Air terjun,  Pantainya, Adat istiadat yang unik sampai Kuliner yang juga perlu untuk di coba ketika liburan atau berada di pulau ini. Belum lagi Circuit Moto GP yang sudah mulai di bangun dan hingga saat saya menulis artikel ini masih dalam proses pembangunannya, Kita do’akan semoga berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi semua, Aamiinn.

Sebelum Baseniters memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, ada baiknya mengetahui tentang “Kata” apa yang seharusnya tidak di ucapkan ketika berada di pulau Lombok.

“Kata” yang perlu di pertimbangkan ketika berada di Lombok


Saya rasa di setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai tingkatan bahasa, Sama halnya dengan di pulau Lombok.  Ketika kalian berada di pulau Lombok, Ada satu kata yang sering di ucapkan dalam percakapan sehari-hari dalam bahasa indonesia namun kata tersebut di pulau ini saya tidak menganjurkan untuk di ucapkan jika lawan bicara anda seumuran atau di atasnya.


Apakah Kata itu? Yuk di simak lagi...


Ketika Kalian berada di pulau Lombok, Usahakan untuk tidak mengucapkan kata “KAMU” ketika ngobrol atau berbicara sama orang lain, Lebih-lebih kepada yang lebih tua dari anda.
Loh, Kenapa...? Ada apa dengan kata “kamu”...? Kan itu Bahasa ibu/ Bahasa Indonesia, Apa yang salah?

Ya, memang benar... Itu Bahasa Indonesia, dan tidak ada yang salah kok dengan bahasa indonesia tersebut. Bahkan kata itu sudah biasa/ umum di gunakan ketika berbicara menggunakan bahasa indonesia.

Akan tetapi, ketika berada di Lombok, Kata “Kamu” ini adalah kata Kasar, dan tidak di anjurkan untuk di gunakan. Karena kata “Kamu” ini dalam bahasa sasak berbeda, Kata ini termasuk kata kasar seperti yang saya bilang sebelumnya.

Kata ini sangat jarang di gunakan jika berbicara dengan yang lebih tua, dan tidak sedikit orang yang seumuran juga tidak menggunakan kata itu. Alasannya adalah untuk menghormati lawan bicara.

Lantas, Apa kata yang seharusnya atau sebagai pengganti kata kamu tersebut jika di pulau Lombok, Itu adalah termasuk kata kasar?


Saya sih menyarankan untuk memilih kata “Situ” atau antum, sampeyan dan sebagainya yang termasuk bahasa halusnya sebagai pengganti kata”kamu” jika kalian menggunakan bahasa indonesia untuk berkomunikasi di pulau ini. Atau “Anda”, Tetapi kalau “Anda” kesannya formal banget sih :D

Dalam bahasa Lombok yaitu Bahasa Sasak, Kata ” Kamu” itu di gunakan untuk orang yang lebih muda dari si pembicara.

Kamu dalam bahasa sasaknya adalah Kamu, Iya sama tapi penggunaanya bukan untuk yang lebih tua ya...

Kata lainnya adalah Side, Kata Side ini termasuk umum di gunakan, dan untuk Bahasa halusnya kata “Kamu” dalam bahasa sasak adalah “Pelinggih”, ini sama seperti kata “Sampeyan” pada bahasa Jawa.

Kesimpulan dari artikel ini adalah, Jika kalian menggunakan bahasa indonesia di Pulau Lombok
  • Usahakan tidak menyebut kata “Kamu”, Alternatifnya bisa di ganti dengan “Situ, Antum, Sampeyan, dsb” jika ingin menggunakan bahasa sasak maka gunakan kata “Side” atau “Pelinggih” Untuk menghormati lawan bicara. Dan itu kesannya di mata penutur asli Lombok bahwa, “Anda adalah orang yang sopan”, Serius deh.
  • Tetapi jika kalian emang benar tidak tahu sebelumnya, saya rasa itu tidak masalah sih dan penutur asli lombok pasti memakluminya.


Yuk Keep Respect, Semua daerah di indonesia pasti mempunyai keunikan tersendiri, Mari menghormati dan mematuhi apa yang berlaku. Bukankah,
Jika ingin di hormati orang lain, Maka hormatilah orang lain juga, kan.
Well, Sekian dulu... Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan tentunya bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Type the keywords you are looking for

Skype