Site Map Contact

Tuesday, December 3

Contoh Past Perfect Tense dan Penjelasannya


Past Perfect Tense


Apa itu Past Perfect Tense?


The Past Perfect Tense adalah suatu bentuk kata kerja yang kita gunakan untuk mengungkapkan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau, Kejadian/ Peristiwa tersebut terjadi sebelum peristiwa lainnya terjadi di masa lampau.

Sedikit contoh di bawah ini sebelum kita lanjut, Supaya ada gambaran terlebih dahulu tentang apa yang di maksud “Kejadian yang sudah terjadi sebelum kejadian lainnya terjadi di masa lampau”.

a-football-Player-was-injured
Salah satu pemain sepak bola itu (Sudah) bermain dengan bagus sebelum ia cedera
(One of that footballer had played well before he was injured)

Kita lihat di atas bahwa “Salah satu pemain sepak bola itu bermain dengan bagus”. Pernyataan tersebut benar adanya dan sudah terjadi, maksudnya adalah dia (Pemain sepak bola) itu sudah bermain dengan bagus sebelum ia cedera dulu. Jadi, otomatis setelah peristiwa tersebut pemain sepak bola itu tidak bisa bermain dengan bagus. Kenapa...? Karena ia cedera waktu itu.

Jadi tense ini adalah tentang peristiwa masa lampau di dalam peristiwa masa lampau, Intinya kedua pernyataan/ peristiwa tersebut sudah terjadi atau terjadi di masa lampau.
Satu contoh lagi semoga bisa lebih paham : I was full (Aku sudah kenyang), because I’d just eaten (Karena aku sudah makan barusan).

So, Bagaimana kita membuat suatu kalimat dalam Past Perfect Tense ini?


Perlu di ingat lagi, Bahwa jika “continuous tense” berbicara tentang kejadian/ peristiwa yang sedang di lakukan (Baik dalam tense apapun) seperti yang kita bahas sebelumnya, maka “perfect tense” ini adalah tentang kejadian/peristiwa yang sudah selesai (Baik dalam tense apapun). Supaya gampang mengingatnya yahh... Namanya juga perfect.

Untuk membuat suatu kalimat dalam past perfect cukup mudah yaitu :


  • Untuk kalimat Positif

                Subject + Aux. Verb (Had) + Past Participle (V3)
  • Seperti biasa, Untuk kalimat negatifnya maka tambahkan Not setelah aux.verb nya. Sedangkan kalimat tanya atau interogatif, Aux. Verb (had) nya di depan dan keduanya tetap menggunakan verb 3 (Past Participle) setelahnya.
Mari kita lihat contoh sebagai berikut :

Kalimat
Subject
Aux. Verb (Had)

Past Participle (V3)

+
I
Had

written
An article
-
She
Had
Not
Played
Online game






Kalimat
Aux. Verb (Had)
Subject

Past Participle

?
Had
You

read
That book?

*Oh ya, Aux. Verb di past perfect tense ini tetap menggunakan had walaupun subject nya orang ketiga (He, She, It).

Subject + Aux. Verb (had) juga dapat disingkat menjadi “I’d, He’d, She’d, They’d dan sebagainya baik dalam penulisan maupun percakapan/pengucapan. Penyingkatan tersebut juga bisa berarti I would, She would,... Tergantung konteks kalimatnya akan tetapi di sana terdapat perbedaan pada verb yang di gunakan.

Contoh :
  • I had (I’d) written an article dan I would (I’d) write an article.

Dimana yang pertama adalah tense yang kita bahas/ pelajari sekarang ini, dan yang satunya lagi adalah Future Past Tense (Yang akan kita bahas nanti di lain waktu).

Sekarang kita fokus di tense ini dulu yah...

Btw kapan kita menggunakan past perfect tense?


Menggunakan past perfect tense adalah seperti yang saya bilang di awal, tense ini biasanya untuk menceritakan sesuatu yang sudah terjadi dimana di lain hal, kejadian lain juga terjadi dan kejadian tersebut adalah peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Hehe jangan bingung ya... Langsung saja ke TKP biar lebih jelas....

Pada satu kasus di bawah ini semoga kalian bisa paham maksud dari penjelasan penggunaan tense di atas.

Misalnya, Pada suatu hari anda mau pergi ke jakarta menggunakan pesawat dan sudah booked tiket pada hari sebelumnya, Namun pada hari H saat anda berangkat menuju airport sudah jam 4an lewat sedangkan late check-in nya jam 5 kurang 15. So, Anda tidak buru-buru ke airport dan pas nyampe airport, Check-in nya sudah di tutup dan otomatis anda ketinggalan pesawat.

Nah, untuk menceritakan kejadian tersebut kita menggunakan tense ini.

Anggaplah pesawatnya take off jam 5, dan anda tiba di airport jam 5 lewat.

Maka untuk menceritakan kejadian tersebut dalam bahasa inggris kita menggunakan past perfect tense ini.

Contohnya :
  • When I arrived at the airport I was late and the plane had taken off. (Pas aku nyampe di bandara aku telat dan pesawatnya sudah lepas landas)
Contoh lainnya :
  • She had (already) finished her homework before she slept. (Dia sudah menyelesaikan Prnya sebelum dia tidur)
  • I had watched that movie on my laptop before it shown on TV. (Aku sudah nonton film ini sebelum tayang di tv)
  • My mom had cooked my favorite food when i arrived at home. (Ibuku sudah memasak makanan favoritku ketika aku tiba di rumah). Etc
Tense ini agak mirip dengan present perfect, Namun terdapat perbedaan pada waktu atau time kejadiaannya.

Contoh Present Perfect :

I am full, I’ve just eaten
(Now/ Present)

Contoh Past Perfect :
I was full, I’d just eaten
Kejadiannya di masa lampau (Past)

*(I have/She has just eaten...) Present perfect biasanya kebanyakan di gunakan oleh british, berbeda dengan American yang kebanyakan menggunakan simple past “I just ate”. Namun kedua tersebut maknanya sama.

Atau pada saat anda datang di bandara dan mau check in kemudian petugasnya mengatakan “You are late, The plane has taken off” (Kejadiannya sekarang/ present). Kemudian selang beberapa waktu kamu menceritakan kejadian tersebut ke temanmu “I was late, The plane had taken off” (Kejadiannya di masa lampau).

Semoga bermanfaat dan bisa di pahami, Aamiin...

No comments:

Post a Comment

Type the keywords you are looking for

Skype